1.Rantai kotor.
Berpotensi terhadap menyempitnya lubang link , atau merubah ukuran link rantai terhadap gigi gear.
Hal ini apabila dipaksakan dipakai sangat berpengaruh terhadap interdigitate dengan gigi untuk bekerja berpasangan secara intergritas. Sama halnya memakai rantai 8 untuk gigi 9 dan sebaliknya. Rantai berkualitas rendah juga sangat berpengarug sekali terhadap ketidak akuratan shifter, apalagi apabila anda punya berat badan yang Over.
2.Gigi (teeth) di chainring kotor, menyambung atau memotong tidak sempurna.
Juga salah satu penyebab shifter loncat.
Biasanaya gigi di bagian belakang (cassette) kotor, dan mengendal diantara sela selanya. Lama kelamaan yg begini akan berpengaruh terhadap kehandalan Free Hub.
3.shifting kabel
mungkin kotor dan dibutuhkan cleaning serta pemberian minyak pelumas.
Atau bahkan kabelnya sudah karat dan putus putus
4.Stoper derailleur
Mungkin ke luar dari setting yg semestinya, sehingga seringkali lewat dari cassettenya.
shifter - biasanya tidak masalah, tetapi mungkin sulit ke giliran dan butuhkan pemberian minyak pelumas, atau butuhkan penyesuaian tong kayu di setang benar ketegangan kabel. kadang-kadang mereka pergi jelek, atau pengungkit memperoleh membengkokan dan tidak bolehkan pergerakan besar.
5.Pulley
Pulley yg sudah runcing sudut dan ketebalannya akan berpengaruh terhadap akurasi shifting dan penyaluran travel rantai secara sempurna.
6.Bottom Bracket
BB yg sudah oplak tidak bisa menempatkan berputarnya Crank dengan presisi sehingga ranta sering breset dari giginya.
7.Non kompatibel komponen installed
In I biasanya yang senang kanibal, missal ranmtai 9 diapakai untuk casstte 8 dan sebaliknya, ate gigi shimano dikanibal dg brand lainnya.
8. Over weight dan component bermutu rendah.
Apabila anda mempunyai berat badan yg kurang ideal untuk MTB, sebaiknya jangan coba coba lagi, gunakan component yg handal ( kalau shimano minimal pakai SLX )
Dg mutu yg rendah, sebentar saja metal dari rantai dan Gigi mengalami deformasi, karena beban anda
9.Component (group set) anda tidak pada peruntukannya.
misal group set anda klas Alivio, tentu sangat memaksa kerjanya apabila track yg anda gowes XC dengan climbing X trem atau berlumpur berat
10. cassete dan rantai udah mulai aus.
biasanya akan timbul gejala nge-jam. dan grak grek grok,
umumnya pada cassette 11T dan di atasnya. seperti yang saya alami.
gejala ini tidak akan muncul, kalau kita gowesnya pelan-pelan saja ( fun bike). nah ketika kita menghadapi rute offroad pasti sering muncul dan bikin jengkel. ujung-ujung kita jadi emosional banget, yang paling parah kalau kita langsung meng judge, mesti ganti sepeda baru.
11. Rantai molor, disebabkan lubang (chain pin) sudah pada dower
sehingga tidak presisi lagi krn aus, akibatnya rantai loncat
ataw pindah gigi secara ostosmatis (persneleng auto)
dan apabila anda berniat membeli sepeda, sesuaikan speda yg anda beli dengan medan apa yang akan anda gowes.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar